Friday, January 4, 2013

Gunung Batur


Gunung Batur adalah gunung tertinggi kedua di Bali, setelah Gunung Agung. Gunung ini terletak di atas Danau Batur, Kintamani Gunung yang memiliki ketinggian 1.500 meter dari permukaan laut ini adalah gunung api yang masih aktif sampai sekarang sama seperti Gunung Agung.


Gunung Batur telah berkali - kali meletus. Sejak tahun 1804, Gunung Batur telah meletus sebanyak 26 kali. Letusan paling dasyat terjadi tanggal 2 agustus – 21 september 1926. Letusan Gunung Batur itu membuat aliran lahar panas menimbun Desa Batur dan Pura Ulun Danu batur. Letusan terakhir terjadi tahun 2000.

Terletak di barat Gunung Agung, gunung ini memiliki kaldera berukuran 13,8 x 10 kilometer dan merupakan salah satu yang terbesar dan terindah di dunia. Pematang kaldera tingginya berkisar antara 1.267 meter hingga 2152 meter. Di dalam kaldera pertama terbentuk kaldera kedua yang wujudnya melingkar dengan garis tengah lebih kurang tujuh kilometer.

Untuk tiba ke kawasan gunung ini dibutuhkan kurang lebih 1,5 jam perjalanan dari Kuta. Selama perjalanan, Anda akan disuguhkan pemandangan menakjubkan Danau Batur yang terletak di kaki gunung.

Pendakian ke Gunung Batur menjanjikan pesona yang tiada tara saat Anda tiba di puncak menjelang Matahari terbit. Pada saat itu, Anda akan menyaksikan keindahan alam Bali yang disirami cahaya pagi.

(sumber: belantaraindonesia.org ; foto: wulandarisofwan.blogspot.com)

No comments:

Post a Comment

SiJi 5 PiThu. Powered by Blogger.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More