Tuesday, January 29, 2013

Pantai Sadranan

Satu lagi tempat eksotis yang ditawarkan di Gunungkidul. Kabupaten yang berada di bagian paling timur Propinsi DIY ini memang terkenal akan pantai-pantai pasir putihnya yang tak kalah menarik dibanding pantai-pantai sejenis yang ada di Bali. Sebut saja pantai Krakal, Kukup, Baron, Sundak, Sepanjang, juga Pantai Ngobaran dan Ngrenehan.

Pantai Sadranan terletak sekitar 0,5 km di sebelah timur Pantai Krakal. Jika ditempuh dari Yogyakarta, akan memakan waktu sekitar 2-3 jam. Jalan menuju pantai ini sama sekali belum diaspal. Jadi, untuk mencapai pantai ini, kita harus melewati jalan off-road, yang untungnya, tidak begitu jauh.

Salah satu keistimewaan dari Pantai Sadranan ini adalah pasir putihnya yang lebih putih dan bersih dibanding pantai-pantai lain di sekitarnya. Mungkin karena pantai ini memang belum banyak dikunjungi orang. Dan seperti sejumlah pantai lain di kawasan Gunungkidul, di Pantai Sadranan juga terdapat karang-karang yang membuat ombak di pantai tersebut tergolong tenang.


Di dekat pantai juga terdapat sebuah gubuk yang biasa digunakan sebagai tempat untuk bersantai. Gubuk ini cukup besar, sehingga bisa memuat banyak orang, mungkin hingga belasan orang. Nyaman sekali untuk digunakan sebagai tempat berkumpul bersama teman-teman sambil menikmati pemandangan laut.

Bagi yang senang menikmati pantai tanpa mau kepanasan, selain di gubuk tadi, tempat lain yang juga menyenangkan adalah di sebelah barat pantai. Di bagian ini terdapat dinding-dinding karang yang tergantung, tidak menyetuh tanah, sehingga tampak seperti gua. Di bawah dinding-dinding karang ini, kita bisa berteduh dan menikmati ketenangan Pantai Sadranan.

Bagi anda yang ingin bermalam di pantai indah ini, mungkin bisa mencoba untuk menyewa villa di pinggir pantai. Villa tersebut terletak di atas bukit karang dan menghadap tepat ke laut. Jadi, dari villa tersebut, kita bisa langsung menikmati pemandangan pantai yang sangat eksotis ini. Untuk menyewa villa ini pun cukup murah, ‘hanya’ dengan 4 juta rupiah per malamnya saja, dan anda dapat menikmati pemandangan alam yang tak ternilai harganya.

(sumber: cahandong.org ; foto: yogyakarta.panduanwisata.com)

1 comment:

SiJi 5 PiThu. Powered by Blogger.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More